Ingin kulit sehat awet dan awet muda? Jangan lewatkan kebiasaan-kebiasaan ini!

Posted on 22 November 2017

Ingin kulit sehat awet dan awet muda? Jangan lewatkan kebiasaan-kebiasaan ini!

Tahukah kamu bahwa peranan kulit begitu besar di hidup kita? Kulit telah melindungi kita dari temperatur lingkungan yang silih berganti, melindungi organ-organ internal, dan juga cermin kesehatan serta dapat menggambarkan usia kita. Kulit menjadi saksi penuaan pertama yang kasat mata. Pertambahan usia memengaruhi kondisi dan kekencangan kulit kita. Ketika umur sudah memasuki kepala tiga, saatnya kita lebih memperhatikan kulit karena masa keelastisan kulit ketika waktu muda dulu sudah berkurang, tetapi bukan berarti kalian yang masih muda dan berusia 20an tidak merawat kulit, lho! Perawatan kulit sejak dini dapat membantu mengurangi efek-efek penuaan saat bertambah usia nanti. Maka dari itu, penting bagi kulit untuk dirawat dan diberi perawatan khusus. Selain perawatan dari luar, berikut kebiasan-kebiasaan yang dapat membuat kulitmu sehat dan awet muda:

1. Sunblock (tabir surya)

1. Sunblock (tabir surya)

Kebanyakan orang berpikir bahwa sunblock atau tabir surya ini hanya perlu kita pakai saat akan berpanas-panasan di bawah matahari seperti sedang liburan ke pantai atau saat akan berenang padahal saat kita sedang berkegiatan indoor di dalam gedung pun kita masih bisa terpapar matahari. Paparan sinar matahari (UVA & UVB) berkontribusi besar dalam proses penuaan kulit seperti menyebabkan munculnya noda hitam dan keriput. Radiasi yang dihasilkan sinar matahari juga dapat menyebabkan kanker kulit. Penggunaan tabir surya setiap hari adalah kebiasaan wajib untuk merawat kulit agar tetap sehat dan terhindar dari efek samping UVA & UVB. 

2. Air putih

2. Air putih

Semua orang mungkin sudah sering mendengar bahwa dengan meminum air putih yang cukup memang berdampak positif pada kesehatan. Hal itu memang benar karena tubuh kita terdiri dari 75% air dan kulit kita mengandung 30% air. Asupan air putih yang cukup setiap harinya (8-10 gelas) dapat menjaga kelembapan dan vitalitas kulit serta menjauhkan kulit kita dari kekeringan.

3. Tidur yang cukup

3. Tidur yang cukup

Ditengah kesibukan kuliah atau bekerja setiap harinya, cukup sulit untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup karena pekerjaan yang menuntut kita untuk lembur atau begadang, padahal idealnya kita tidur selama 6-8 jam perhari. Saat tidur, tubuh menghasilkan HGH (Human Growth Hormone) dan melakukan proses recovery secara alami termasuk memperbaiki sel-sel tubuh & kulit kita. Tidur yang tidak cukup dapat membuat otot tubuh kita serta kulit wajah menjadi lebih tegang dan dapat berdampak pada munculnya kerutan.

4. Olahraga

4. Olahraga

Saat kita berolahraga dan berkeringat, pori-pori kulit akan terbuka dan mengeluarkan racun serta kotoran dalam kulit. Asupan oksigan dalam darah kita juga meningkat sehingga suplai nutrisi untuk kulit juga bertambah. Berolahraga secara rutin juga menstimulasi peningkatan produksi kolagen dalam kulit yang dapat menjaga kekencangan kulitmu.

5. Hindari gula

5. Hindari gula

Tidak hanya berat badan badan, gula juga dapat berpengaruh negatif pada kulitmu. Saat karbohidrat seperti gula yang memiliki glikemiks indeks yang tinggi diproses dalam tubuh, secara alami insulin akan terbentuk. Konsumsi gula yang berlebih dapat membuat kadar insulin meroket dan dapat menyebabkan “ledakan inflamasi”. Ketika inflamasi terjadi tubuh akan menghasilkan enzim yang memecah kandungan kolagen dan elastin dalam kulit sehingga kekencangan kulit berkurang dan menghasilkan keriput.

tinkerlust sale 90% off pink luxury handbag
tinkerlust new arrivals