Suara Pemberdayaan Perempuan dan Pelestarian Budaya Pada Anyaman DU’ANYAM #LocalHeroes

Posted on 21 September 2020

Suara Pemberdayaan Perempuan dan Pelestarian Budaya Pada Anyaman DU’ANYAM #LocalHeroes

Menjadikan pemberdayaan perempuan sebagai visi dan misi utama dalam menghasilkan produk-produk kerajinan tangannya, DU'ANYAM hadirkan karya anyaman yang mewakili suara para pengrajin perempuan di Flores, NTT. Keterlibatan para perempuan di daerah terpencil tersebut tak semata-mata dijadikan sebagai langkah untuk mensejahterakan kehidupan mereka dari sisi ekonomi, tapi juga membangun keyakinan dalam diri setiap perempuan bahwa mereka mampu menjadi decision maker dalam hidup mereka.

“Perempuan itu bisa mengambil keputusan akan dirinya sendiri dan anak-anaknya,” kata Yohanna Keraf, Co-Founder & CCO DU'ANYAM tentang value yang ingin dicapai olehnya melalui gerakan kewirausahawan sosial yang diterapkan oleh DU'ANYAM.

Praktik sustainable fashion pun tak luput dari aksi pemberdayaan DU'ANYAM. Selain menjadikan women empowerment dan peningkatan kesejahteraan para pekerja lokal sebagai pilar-pilar bisnisnya, DU'ANYAM hendak turut melestarikan kerajinan anyaman asli Indonesia yang hampir punah agar dapat lebih dikenal di pasar lokal maupun internasional. \n Produk-produk hasil anyaman yang dipasarkan oleh DU'ANYAM pun sangat beragam, mulai dari tas, dompet, ID tags, dan masih banyak lagi alat penunjang kebutuhan sehari-hari lainnya yang dibuat menggunakan tangan. \n Seperti namanya yang berarti “ibu menganyam” dalam dialek Maumere, DU'ANYAM telah berhasil membawa perubahan yang signifikan bagi para ibu yang tinggal di daerah Flores, NTT lewat penyaluran bakat menganyam mereka. Kini para pengrajin perempuan di Flores telah memperoleh pendapatan tunai yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi, akses layanan kesehatan, serta pendidikan bagi dirinya dan keluarganya.

“Kami percaya, kolaborasi dengan Tinkerlust akan mengangkat cerita tentang perempuan-perempuan di balik DU'ANYAM, menjadikannya semakin kuat dan didengar oleh masyarakat Indonesia,” kata Yohanna saat ditanya tentang harapannya terkait kolaborasi ini.

Koleksi eksklusif kerajinan tangan DU'ANYAM kini sudah dapat kamu temukan di website Tinkerlust.com. Pastikan kamu mampir ke closet DU'ANYAM untuk turut mendukung gerakan pemberdayaan perempuan dan budaya lewat kampanye #LocalHeroes ini, ya!

tinkerlust sale 90% off pink luxury handbag
tinkerlust new arrivals