Langkah Demi Langkah Kuro Hadirkan Produk Tak Lekang Oleh Waktu #LocalHeroes

Posted on 21 September 2020

Langkah Demi Langkah Kuro Hadirkan Produk Tak Lekang Oleh Waktu #LocalHeroes

Terinspirasi dari gaya hidup Jepang yang mengedepankan kesederhanaan dan kualitas, Kuro memilih untuk menghadirkan pakaian wanita yang dapat dikenakan setiap hari, mulai pagi hingga malam hari. Kuro sendiri berarti “hitam” dalam bahasa Jepang, yang mana hal ini turut menggambarkan value yang diyakini oleh Kuro selaku brand dengan proses produksi yang efisien serta produk yang minimalis dan mudah dipadupadankan.

Warna-warna seperti neutral color, earthy tone, dan monochrome pun mendominasi produk-produk Kuro. Hal inilah yang menjadikan daily wear milik Kuro bersifat timeless. Langkah ini hanyalah satu dari banyaknya langkah kecil yang diambil Kuro agar bisa menjadi brand yang lebih sustainable.

Seperti tagline-nya yang bertajuk “do what matters, one step at a time”, Kuro pun memulai kiprahnya di bidang sustainable fashion dari sebuah tim kecil di tahun 2017. Melibatkan para pekerja lokal pada proses pengerjaannya serta melakukan seluruh proses pembuatan produk di in-house studio dan workshop pribadi, Kuro selalu mementingkan kualitas dibanding kuantitas. \n Tak hanya berkontribusi secara sustainable lewat produk handmade-nya, Kuro pun juga memastikan material produk yang digunakannya ramah lingkungan. Dari yang awalnya hanya menggunakan kain sisa produksi, kini Kuro telah menyertakan material eco-friendly, seperti linen, katun, bambu, dan tencel. Selain itu, Kuro juga menggunakan kertas koran daur ulang dan cardboard yang dapat terurai sebagai packaging produknya. Untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai selama proses produksi dan distribusi, Kuro juga menggunakan kantongan berbahan dasar tepung singkong.

Komitmen semacam ini diharapkan sang co-founder, Devina Hakim, mampu membawa pengaruh baik tak hanya pada para konsumen yang membeli produk Kuro, tapi juga menjadi inspirasi bagi fashion brand lain untuk turut menerapkan gaya hidup sustainable pada praktiknya. \n “Kita berharap bisa meng-influence customer buying behaviour menjadi lebih mindful dan conscious, juga menginspirasi brand lain untuk beralih ke sustainable fashion,” ungkap Devina saat ditanya tentang harapannya terhadap kolaborasi Kuro bersama Tinkerlust.

Koleksi eksklusif Kuro pada kampanye #LocalHeroes ini juga sudah bisa kamu temukan di website Tinkerlust, lho! Kunjungi closet-nya sekarang untuk menemukan ragam pilihan produk minimalis dan timeless ala Kuro!

tinkerlust sale 90% off pink luxury handbag
tinkerlust new arrivals