Ngabuburit di Rumah? Rapikan Lemari Bajumu Dalam 3 Langkah Mudah!

Posted on 19 April 2021

Ngabuburit di Rumah? Rapikan Lemari Bajumu Dalam 3 Langkah Mudah!

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi Tinkerbabes yang menjalankannya! Kebetulan, bulan Ramadhan tahun ini jatuh di bulan April, yang juga merupakan Earth Month. Maka dari itu, dalam rangka Earth Month dan Ramadhan, mari berkontribusi ke sustainability sambil ngabuburit! Dimulai dengan mengeluarkan baju yang tidak lagi dipakai hingga menjual, mendonasikan, atau mengubahnya menjadi baju baru, inilah cara decluttering lemari bajumu dalam 3 langkah.

Bagaimana cara memilah-milah pakaian kita?

Bagaimana cara memilah-milah pakaian kita?

Memutuskan pakaian mana yang tidak kamu inginkan lagi bisa menjadi tugas yang berat, apalagi jika pakaian di lemari kamu banyak sekali. Seperti yang disarankan Marie Kondo, hal pertama yang kamu bisa lakukan adalah untuk mengeluarkan seluruh isi lemarimu. Dari situ, kamu akan dapat melihat seberapa banyak pakaian yang kamu punya. Kemudian, kamu bisa mulai untuk memilih satu persatu pakaian mana yang kamu masih ingin pakai, dan yang mana yang akan kamu singkirkan. Salah satu cara untuk memilah-milah bajumu adalah dengan metode 12-12-12. Yaitu, dengan memilih 12 item yang kamu masih mau pakai, 12 item yang ingin kamu jual atau donasikan, dan 12 item yang sudah tidak layak dipakai. Terus ulangi metode ini hingga kamu selesai dengan semua pakaianmu. Gak harus buru-buru kok Babes, cukup 5-10 menit per hari saja kalau kamu masih pemula dalam decluttering!

Bagaimana cara menjual atau mendonasikan pakaian lama?

Bagaimana cara menjual atau mendonasikan pakaian lama?

Setelah berhasil memilah-milah pakaianmu dengan metode 12-12-12, kamu akan mendapatkan tiga tumpukan pakaian, 1 yang akan kamu pakai lagi, dan 2 yang akan kamu singkirkan. Salah satu dari tumpukan ini adalah pakaian yang akan kamu jual atau sumbangkan. Kamu bisa menyumbangkan baju lamamu kepada adik, keponakan, atau anggota keluargamu yang lain maupun teman-temanmu. Ada juga banyak organisasi yang bisa menyalurkan donasi pakaian kepada orang-orang yang membutuhkan. Selain itu, kamu juga bisa memberi value pada pakaian lamamu dengan menjualnya! Kamu bisa menjualnya langsung ke teman-teman dekatmu, melalui media sosial, atau serahkan semuanya kepada Tinkerlust untuk memberi pakaian lamamu kesempatan kedua. Hasil penjualan pakaianmu, bisa kamu sumbangkan deh!

Apa yang harus dilakukan dengan baju yang sudah tidak layak dipakai?

Apa yang harus dilakukan dengan baju yang sudah tidak layak dipakai?

Dari semua baju yang telah kamu pilih, pasti ada beberapa yang menurutmu sudah tidak layak dijual atau didonasikan karena rusak, robek, berubah warna, dan lain-lain. Untuk ini, selain membuangnya, kamu bisa menyalurkannya kepada tempat-tempat yang dapat mendaur ulang bahannya, supaya bisa berguna dijadikan bahan-bahan pakaian baru. Baju-baju ini juga dapat digunakan kembali dengan diubah menjadi lap atau upcycling menjadi baju baru. Dengan sedikit kreativitas, the possibilities are endless!

Decluttering adalah sebuah proses yang dapat memakan waktu yang banyak. Maka dari itu, aktivitas ini cocok buat kalian yang lagi menunggu waktu buka puasa! Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa lebih memperhatikan berapa banyak pakaian yang kamu beli dan mulai memikirkan apa yang sudah kamu miliki di rumah. Yuk, mulai decluttering supaya kamu bisa start fresh di bulan Ramadhan ini. Kamu juga boleh lho jual barang preloved-mu seperti barang-barang Featured Sellers kami dibawah. Check out their closets down below and join them when you’re ready!

tinkerlust sale 90% off pink luxury handbag
tinkerlust new arrivals