Cara Memulai Decluttering Barang Fashion Dengan Mudah

Posted on 30 August 2023

Cara Memulai Decluttering Barang Fashion Dengan Mudah

Ingin membereskan barang-barang fashion kamu, tapi bingung harus memulai dari mana? Catat langkah-langkah mudah decluttering di bawah ini, agar lemari kamu jadi lebih minimalis dan bermakna.

1. Luangkan waktu

Alokasikan waktu khusus untuk melakukan declutter pada barang-barang fashion. Jika waktu ke satu jenis fashion. Misal hari ini pakaian, besok tas dan sepatu.

2. Kumpulkan semua barang

Keluarkan dari lemari pakaian dan rak penyimpanan fashion lainnya, lalu kumpulkan di satu area tertentu.

3. Bagi barang jadi 4 kategori

Buat empat area terpisah, masing-masing untuk kategori pakai, jual, donasi, dan buang. kita ditantang untuk jujur memilih barang yang benar-benar dipakai dan dibutuhkan.

4. Evaluasi setiap barang

Saatnya menilai setiap barang dengan faktor pertimbangan seperti kecocokan ukuran, kenyamanan, gaya fashion saat ini, dan nilai emosi pada barang (terutama hadiah, kenang-kenangan, oleh-oleh, dan lainnya).

5. Coba merelakan

Meminimalisir rasa kepemilikan terhadap barang fashion dengan bertanya pada diri sendiri. Kapan aku terakhir kali memakainya? Jika terakhir kali dipakai tahun lalu, sudah waktunya untuk direlakan. Jika masih belum yakin, ajukan dua pertanyaan ini. Apakah barang ini benar-benar cocok untuk tubuhku? Apakah barang ini benar-benar mewakili karakterku?

6. Sambil merapikan

Untuk menghemat waktu, rapikan barang-barang di area langsung pakai seperti lemari atau rak penyimpanan fashion.

7. Donasi atau jual

Untuk barang yang berada di kategori "Jual", coba tawarkan secara online di media sosial dan e-commerce, atau kirim langsung ke platform jual-beli preloved profesional seperti Tinkerlust. Sedangkan untuk barang yang masuk ke list "Donasi" dapat kamu bagikan ke keluarga, tetangga, teman, keluarga prasejahtera, atau drop ke lembaga pengelola donasi.

8. Manfaatkan barang hingga maksimal

Untuk barang-barang yang tidak layak pakai dan akan dibuang, pertimbangkan untuk melakukan downcycle seperti kreasi home decor, printilan dapur, dan DIY; pertimbangkan untuk daur ulang dengan mengirimnya ke tempat-tempat daur ulang; opsi terakhir yaitu membuangnya ke tempat sampah sesuai kategori materialnya.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu ya Tinkerbabes! Beritahukan juga ke keluarga atau teman dekat, supaya mereka untuk tau cara memulai decluttering yang benar dan mudah.

source by: Minimalist Moms ID

tinkerlust sale 90% off pink luxury handbag
tinkerlust new arrivals