🔥 7.7 SALE 🔥 The Luxe Drop UP TO 70% + 7% OFF. Pakai kode: LUXESALE. 7-9 Juli 2020. Belanja disini


Cara Memperingati Hari Laut Sedunia lewat Fashion

Hari ini, 8 Juni 2020, bertepatan dengan Hari Laut Sedunia (World Oceans Day). Pasti Tinkerbabes tahu banget kalau Indonesia punya luas wilayah laut yang lebih besar daripada luas daratan. Berbagai negara di belahan dunia merayakan World Oceans Day sebagai momen untuk menghargai laut, dan menyadarkan betapa pentingnya untuk menjaga kelestarian laut.

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Laut Sedunia. Nah, salah satunya melalui fashion. Seperti yang kita tahu, industri fashion, terutama tren fast fashion, punya hasil limbah yang semakin meningkat setiap tahunnya. Kebayang, nggak, sih, kalau kita nggak bisa tanggung jawab sama perilaku kita yang malah bisa merusak ekosistem laut? Sudah saatnya kita selamatkan laut supaya anak cucu kita bisa menikmati keindahan laut Indonesia.

Tanpa berlama-lama lagi, ini dia beberapa cara yang sudah Tinkerlust rangkum supaya kamu bisa turut berkontribusi untuk menyelamatkan laut lewat fashion. Simak dulu, yuk!

Menerapkan Tren Slow Fashion

Slow fashion, seperti namanya, lebih mengedepankan kualitas daripada kuantitas. Coba untuk jangan konsumtif terhadap pakaian kita. Kalau bisa, lebih baik kamu membeli sedikit pakaian dengan kualitas yang benar-benar bagus, daripada harus membeli yang banyak dalam jangka waktu yang cukup singkat. Semakin kamu membeli banyak baju, semakin banyak pula sampah fashion yang kamu hasilkan.

Mendukung Konsep Sustainability

Kian hari, semakin banyak brand dari industri fashion yang sudah banyak memperhatikan dampak lingkungan dari aktivitas produksinya. Contoh seperti ini perlu kamu dukung, dengan cara membeli produk yang memang menerapkan sustainable movement. Misalnya, kamu bisa mencari bahan pakaian yang tidak berbahaya bagi lingkungan.

Donasi atau Jual dibanding Membuang

Pikir dua kali sebelum kamu memutuskan untuk membuang baju kamu yang sudah nggak terpakai! Pakaian yang kamu buang justru hanya akan menumpuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Kalau kamu merasa baju kamu sangat layak untuk dipakai kembali, kamu bisa donasikan atau jual lewat platform jual preloved. Nah, kalau sudah nggak layak, siapa tahu bisa kamu pakai untuk jadi bahan pembuatan masker kain?!

Mencoba Menyewa Pakaian

Sebenarnya, ada satu cara supaya kamu nggak terus-terusan membeli baju sehingga menghasilkan limbah fashion. Kamu bisa, lho, mencoba memakai jasa clothing rental. Nggak usah khawatir dengan pelayanannya, di Jakarta sudah banyak clothing rental yang aman dan nyaman. Sehingga kamu nggak perlu update baju setiap bulan, tapi hanya dipakai sekali dua kali. Oops!

Nah, salah satu jasa clothing rental adalah Tinkerjoy dari Tinkerlust. Namun, selama situasi pandemi COVID-19 masih marak, Tinkerjoy masih menutup aktivitas sewa menyewa baju. Tapi, Tinkerjoy will come back to you soon! Sementara itu, kamu tetap bisa menjadi waitlist Tinkerjoy dengan cara mengisi style quiz di rentals.tinkerlust.com/quiz. Hope to see you again!

SHARE ON:

SHARE ON:

DISCOVER MORE

DISCOVER MORE