Tips Memilih Barang-Barang Preloved

Industri barang bekas atau lebih terkenal dengan sebutan preloved sudah semakin banyak dikenal oleh masyarakat. Sekarang belanja barang preloved bukan lagi hal yang asing dilakukan. Bahkan, membeli barang preloved dapat menjadi alternatif jika barang yang kamu mau sudah tidak ada lagi di toko. Lebih serunya lagi kamu dapat menemukan barang mewah branded dengan harga yang ramah di kantong. Seru banget, kan? Eits, sebelum kamu memulai belanja preloved, selalu perhatikan 3 hal ini ya!

Keaslian produk

Salah satu hal yang paling diminati untuk belanja preloved adalah kesempatan untuk membeli barang-barang branded dengan harga yang tidak menguras kantong. Barang-barang branded seperti Gucci, Louis Vuitton, Chanel, dan sebagainya, dapat dengan mudah kamu temukan. Jika kamu beruntung, kamu bahkan bisa temukan barang-barang branded yang terhitung rare atau vintage. Nilai dari barang tersebut dinilai tinggi sehingga masih banyak orang yang minat membelinya. Nah, yang harus diperhatikan adalah keaslian produknya, girls. Jangan sampai kamu tergiur harga yang terlalu murah ternyata barangnya palsu.

Setiap tas dan merek memiliki khasnya tersendiri. Contohnya, untuk mengecek keaslian tas Gucci, kamu bisa perhatikan logo Gucci yang berbentuk dua huruf G menghadap ke satu arah. Logonya sendiri terbuat dari metal, bukan plastik. Sedangkan untuk tas Chanel, kamu dapat menemukan CC Lock yang terbuat dari emas 24 karat serta authenticity card yang juga dilingkari potongan emas. Pastikan sebelum membeli barang branded, kamu sudah mengerti cara mengecek keaslian produk yang akan kamu beli, ya!

Keadaan produk

Barang preloved memiliki arti bahwa barang tersebut sudah dipakai oleh orang lain, entah satu kali atau lebih. Namun, tidak berarti barang-barang preloved memiliki kondisi yang tidak baik. Bahkan beberapa barang memiliki kondisi yang hampir sempurna layaknya dari toko. Jika membeli secara online, seperti di Tinkerlust, biasanya ada status kondisi barang yang tertulis. Jika membeli offline, sebaiknya lihat produknya baik-baik atau tanyakan langsung kepada penjual. Berikut adalah tingkatan kategorinya:

  • Brand New : Barang brand new adalah barang yang masih baru dan tidak pernah terpakai sama sekali. Artinya barang tidak ada kecacatan sama sekali dan biasanya masih ada tag atau segel.

  • Perfect : Barang dengan keadaan perfect adalah barang yang memiliki kondisi hampir sempurna. Biasanya barang perfect hanya dipakai satu atau dua kali oleh pemilik sebelumnya.

  • Good : Barang good adalah barang yang memiliki kondisi baik. Biasanya barang good sudah dipakai beberapa kali oleh pemilik sebelumnya, namun kerusakannya berbentuk minor. Bahkan ada barang good yang tidak ada kerusakan sama sekali, lho.

Maka dari itu, pastikan kamu perhatikan kondisinya secara seksama sebelum kamu memutuskan untuk membeli suatu barang preloved ya.

Penjual yang terpercaya

Sebelum membeli barang preloved, penting untuk kamu mengetahui penjual atau seller. Jika membeli secara online, kamu bisa memeriksa akun tersebut dari testimoni atau komentar di akun atau tokonya. Di Indonesia sendiri sudah banyak platform yang menyediakan barang-barang preloved yang dapat dipastikan sudah terpercaya. Bahkan sekarang sudah banyak toko offline terpercaya yang melakukan jual-beli barang preloved. Kamu bisa coba tanya ke teman-teman atau orang yang sudah terbiasa berbelanja preloved dan meminta rekomendasi tempat belanja yang terpercaya.

Setelah tahu tips dari Tinkerlust kali ini, sudah siap untuk belanja preloved kan? Selalu beli di tempat yang terpercaya ya, seperti di Tinkerlust! Jika membeli di Tinkerlust, upload foto kamu mengenakan produk kami, tag Instagram Tinkerlust, dan gunakan tagar #TinkerlustxMe untuk memenangkan hadiah voucher belanja sebesar 100.000! Seru banget, kan? Yuk, mulai perjalanan sustainable fashion kamu dengan berbelanja barang preloved sekarang juga.  Happy shopping, girls!

Shop From Indonesia's Most Fashionable Closets