Tinkerlust x JFW 2019 : Fast Fashion Danger Talkshow

Hari yang ditunggu-tunggu telah tiba Tinkerbabes! Pada tahun 2018 ini Tinkerlust mendapatkan kesempatan yang luar biasa untuk menjadi Community Partner dari ajang fashion terbesar di Jakarta, yaitu Jakarta Fashion Week. Tidak hanya berkontribusi dalam membuka fashion installation pertama di the Hall Senayan City lantai 8, kami juga mendapat kesempatan untuk berbincang-bincang sambil memberikan edukasi pada talkshow yang bertema “Fast Fashion Danger”.

Pada Talkshow kali ini, COO Tinkerlust, Aliya Amitra bersama 3 Featured Seller Tinkerlust sekaligus fashion dan beauty influencer, Sarah Ayu, Sara Robert dan Munira Agile berbagi cerita dan pengalaman mengenai bahaya fast fashion, sustainable fashion movement dan berbelanja barang preloved.

Nah, kira-kira Tinkerbabes tau nggak ya apa yang dimaksud dengan Fast Fashion? Jadi, fast fashion merupakan industri fashion yang mengeluarkan koleksi-koleksinya dengan sangat cepat bahkan bisa sampai 52 koleksi dalam satu tahun. Selain itu, industri fast fashion yang kita kenal seperti Zara, Topshop, dan H&M hanya membutuhkan 15 hari untuk memproduksi suatu baju hingga terjual di pasaran lho. Tapi sayangnya, industri fast fashion itu nggak ramah lingkungan Tinkerbabes. Produksi fast fashion ini ternyata menyebabkan industri fashion menjadi penyumbang limbah terbesar kedua di dunia setelah industri perminyakan.

Setelah membahas bahaya dari fast fashion, ketiga pembicara menceritakan pengalaman mereka dalam jual beli barang fashion preloved dan juga keuntungan-keuntungan yang mereka dapatkan. Dengan menjual barang-barang preloved, merupakan kepuasan tersendiri karena kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan dibandingkan dengan hanya menyimpan barang-barang tersebut di lemari. Sementara dengan membeli barang preloved, tidak hanya dapat menghemat budget belanja, tetapi juga dapat membantu memperpanjang tren fashion yang cepat berganti. Hal tersebut terbukti dapat mengurangi limbah fashion nantinya.

Ketika sesi tanya jawab dibuka, penonton terlihat antusias untuk mengajukan pertanyaan kepada pembicara. Salah satu yang menarik adalah pertanyaan tentang bagaimana menjaga kualitas makeup agar masih layak dijual kembali. Menurut Sarah Ayu, menjaga kualitas makeup terutama foundation itu gampang-gampang susah. Kuncinya adalah selalu menggunakan brush dan langsung menutup makeup setelah digunakan. “Walaupun kita nggak berencana menjual lagi, tapi ada baiknya kita tetap jaga supaya steril demi kebaikan kita sebagai pengguna makeup tersebut.”

Talkshow ditutup dengan sesi foto dan quote dari designer Vivienne Westwood yang disampaikan oleh COO Tinkerlust, Aliya Amitra, “Buy less. Choose Well. Make it last!

Shop From Indonesia's Most Fashionable Closets