3 Sustainable Fashion Designer Indonesia + GIVEAWAY TIKET JFW!

Sustainable Fashion bukan lagi hal yang asing dalam dunia fashion. Tren fast fashion yang kian terlihat kerugiannya pada lingkungan, mengakibatkan banyak konsumen beralih ke industri mode yang lebih aman. Tuntutan konsumen ini lah yang akhirnya memunculkan banyak perancang busana sustainable fashion

Bedanya apa sih dengan perancang busana lain? Desainer yang mendukung gerakan sustainable merancang busana dengan meminimalisir waste dan hanya menghasilkan produk “eksklusif”. Membuat pakaiannya unik dan tidak menghasilkan secara massal. Kira-kira siapa saja ya perancang busana Indonesia yang mendukung gerakan ini? Simak di bawah ini yuk! Psst, ada GIVEAWAY tiket Jakarta Fashion Week 2020 juga!

alex[a]lexa

Alex[a]lexa adalah label yang didirikan oleh Monique Natalia Soeriaatmadja di tahun 2011, hasil kolaborasi dengan suami dan juga partner, Sendy Soeriaatmadja.  Rancangan Alex[a]lexa terkesan akan pakaian urban dengan sentuhan desain yang unik serta playful. Monique bukanlah lulusan sekolah mode, melainkan hanya mengambil kelas-kelas desain. Diwawancarai oleh tim Tinkerlust, Monique mengatakan bahwa sejak kecil ia senang melakukan DIY. Hal tersebut lah yang mendorong Monique menjadi perancang busana.

JENAHARA

Salah satu desainer perempuan ini telah sukses membangun lini pakaiannya bertajuk Jenahara. Perempuan yang kerap dipanggil Jehan ini merilis label Jenahara di tahun 2011 dan dikhususkan untuk busana muslim perempuan. Rancangan pakaian Jenahara pun terkenal dengan desain yang simpel dan clean, cocok untuk babes yang nggak mau ribet mix 'n match baju! Dalam wawancara bersama tim Tinkerlust, Jenahara bercerita bahwa ibunya lah yang menginspirasinya menjadi seorang perancang busana. “Dulu suka ikut mama ke acara fashion show, jadi tanpa disadari aku pun ikut suka,” lanjutnya.

SEBE11AS by Hakim Satriyo & Riyam Dayani

Merek sebe11as adalah hasil kolaborasi Hakim Satriyo dan Riyam Dayani. Sebe11as sendiri akan meluncurkan koleksi pertama mereka di Jakarta Fashion Week 2020 nanti. Hakim, yang memiliki desain lebih berani, dan Riyam, dengan desainnya yang lebih simplistic, akan menghasilkan satu koleksi yang menjadi signature dari merek Sebe11as. Hakim dan Riyam mengatakan orang tua mereka lah yang menjadi inspirasi mereka sebagai perancang busana. Kira-kira koleksi pertama dari Sebe11as seperti apa, ya?

GIVEAWAY TIKET JAKARTA FASHION WEEK 2020

Tahun ini, Tinkerlust berkesempatan untuk berkolaborasi dengan 3 desainer di atas untuk melakukan fashion show dan mendaur ulang pakaian para influencer. Bertajuk A Story of Second Chances, Tinkerlust bersama 3 perancang busana ini mencoba memberikan “nyawa” baru bagi pakaian-pakaian yang tidak lagi terpakai. Kamu dan temanmu juga bisa datang! Yuk, ikutan giveaway di bawah ini!

Menangkan 10 tiket ke Jakarta Fashion Week 2020 untuk 5 orang pemenang! Caranya:

1. Save gambar di atas dan hias kaos tersebut sesukamu.

2. Upload ke Instagram pribadimu dan tag Instagram @tinkerlustid. (Ingat! Jangan kunci akun Instagram-mu, ya!)

3. Dalam caption, mention 3 temanmu dan ajak mereka untuk ikutan giveaway-nya juga.

4. Like dan komen “Done” pada postingan giveaway di Instagram @tinkerlustid.

Giveaway ini akan ditutup pada tanggal 15 Oktober 2019! Jangan lupa ikutan dan sampai jumpa di Jakarta Fashion Week 2020, ya.

 

 

Shop From Indonesia's Most Fashionable Closets