✨ HAPPY EASTER ✨ Nikmati GRATIS ONGKIR min. belanja Rp 499.000. Pakai kode HAPPYEASTER. 10-12 April 2020.


Skincare dan Makeup Yang Tepat Untuk Kamu Si Kulit Berminyak (Oily)

Rasanya nggak pernah berakhir jika berbicara tentang dunia skincare dan makeup. Bagi para pecinta dunia kecantikan, dua hal ini selalu dibicarakan bersama dan nggak akan pernah ngebosenin. Eits, tapi jangan salah, nggak semua skincare dan makeup cocok di semua jenis kulit. Jenis kulit sendiri banyak banget, ada yang kering, berminyak, normal, hingga kombinasi. 

“Kak, kalau jenis kulitku yang mana?” Nah, caranya mudah banget untuk tahu apa jenis kulit wajahmu. Cuci mukamu seperti biasa dan biarkan selama 2 jam tanpa produk skincare atau makeup apapun. Lalu, tempelkan tisu atau blotting paper. Kalau tisu/kertasnya menempel dan menyerap minyak, berarti kamu berminyak atau oily. Jika tisu/kertasnya langsung terjatuh berarti kamu berkulit kering dan jika kamu hanya berminyak di beberapa bagian tertentu, seperti t-zone, berarti kamu memiliki kulit kombinasi. 

Kali ini, Tinkerlust akan bahas tuntas skincare dan makeup apa sih yang paling tepat untuk kamu yang kulitnya oily. Penasaran? Yuk, simak di bawah ini!

Skincare

Perawatan kulit untuk kamu si kulit berminyak memang sedikit tricky nih, babes. Sebab, skincare yang kurang tepat bisa bikin wajahmu rawan breakout dan makin tambah berminyak sepanjang hari. “Kalau kulitku berminyak, berarti nggak perlu capek-capek moisturizing dong?” Salah banget nih! Fun fact: Kulit yang berminyak itu juga sama-sama butuh hydration, babes! Kebanyakan wajah mengeluarkan banyak minyak karena ternyata kulitmu dehidrasi alias kurang lembab. Hal ini seringkali terjadi di wajah berminyak dan rawan jerawat karena pemakaian produk yang cukup “keras” sehingga membuat kering kulit wajah.

Beberapa bahan-bahan terkenal seperti aloe vera atau charcoal menjadi skincare yang tepat untuk oily skin. Tahap pertama adalah cleanser! Gunakan pembersih muka dengan bahan-bahan yang gentle. Cleanser yang membuat wajahmu terlalu kering malah akan membuat wajahmu menghasilkan lebih banyak minyak. 

Selanjutnya adalah toner dan moisturizer. Toner berfungsi untuk menyeimbangkan level pH wajahmu sedangkan moisturizer fungsinya untuk memberikan kelembaban. Bagi kulit berminyak, gunakan pelembab dengan bahan dasar gel ya karena cream dapat membuat wajahmu berminyak. Berikut adalah rekomendasi skincare untuk kamu yang kulitnya berminyak:

Makeup

Kulit berminyak identik dengan tampilan serba matte untuk riasan wajah. Kuncinya adalah menggunakan primer dan foundation yang tepat untuk kulit berminyak! Biasanya oily skin memiliki pori-pori yang cukup besar, jadi gunakanlah primer dengan fungsi mengecilkan pori-pori sekaligus menahan minyak. Untuk foundation, gunakan foundation dengan tampilan akhir matte. “Kalau aku mau tampilan glowing gimana, kak?” Boleh saja menggunakan foundation dengan tampilan akhir glowing, tapi dengan foundation matte, kulitmu akan menghasilkan sheen sendiri dengan natural! Jangan lupa set semuanya dengan menggunakan bedak, ya.

Salah satu yang paling utama adalah setting spray. Setting spray berfungsi untuk mengunci semua makeup yang sudah dilakukan dan membuat makeup-mu lebih tahan lama. Berikut adalah rekomendasi makeup untuk kamu yang kulitnya berminyak:

  

SHARE ON:

SHARE ON:

DISCOVER MORE

DISCOVER MORE