🌸 Nikmati FREE SHIPPING dengan min. belanja Rp 449.000. Gunakan kode: FORYOU. Hanya untuk Weekend 🌸


Mudah dan Fungsional, Ini 5 Ide Daur Ulang Baju Bekasmu!

Baju kamu sudah tidak muat, kebesaran, atau sudah bosan? Eits, jangan dibuang! Selain kamu bisa jual atau donasikan ke orang yang lebih membutuhkan, kamu juga bisa recycle baju-baju bekasmu jadi baru lagi. Contohnya, kaos oversized kamu yang lagi kamu pakai bisa kamu sulap menjadi dress santai, lho. Penasaran bisa dibikin apa aja? Simak di bawah ini ya!

Sling Bag

Celana jeans tentunya menjadi item wajib ada di lemari kamu. Kalau celana jeans kamu sudah tidak muat lagi dipakai, enaknya diapain ya? Nah, babes, bisa banget nih sulap celana jeans kamu menjadi sling bag lucu seperti foto di atas! Caranya potong celana jeansmu sesuai dengan ukuran tas yang kamu mau. Balik celananya dan jahit bagian dalam. Kamu bisa menambahkan kain di dalamnya untuk mempercantik dan merapikan isi tas. Lalu, gunakan ikat panggang atau bagian lain dari celana jeansmu untuk dijadikan strap dari sling bag kamu. Mudah, kan?

Kaos Kaki

Punya sweater yang sudah tidak muat atau terpakai? Kamu bisa buat kaos kaki dari sweater lamamu, lho! Caranya, potong bagian kedua tangan dari sweater-mu dan siapkan gunting, mesin jahit atau alat jahit tangan, dan karet (elastic band). Pakai bagian tangan yang sudah dipotong di kakimu dan ukur seberapa panjang kaos kaki yang kamu inginkan. Potong bagian yang kelebihan. Selanjutnya, balik kaos kakinya dan jahit bagian bawah dengan menggunakan mesin jahit atau jahit tangan. Nah, terakhir letakan karet di bagian ujung atas kaos kaki dan lipat sehingga karet tidak terlihat. Lalu, jahit deh! Voilà, sudah jadi kaos kaki buatanmu!

Dress

Kaos kegedean kamu bisa kamu jadikan dress casual untuk dipakai saat weekend, lho! Pertama, gunting bagian tangannya jika kamu merasa tangannya terlalu kebesaran atau kepanjangan. Rentangkan kaos dan gunting bagian badannya sesuai dengan bentuk dress yang kamu mau. Balik bajumu dan jahit di bagian pinggirnya dengan menggunakan mesin jahit. Selesai deh! Minat untuk mencoba, babes?

Outerwear

Buat pengguna hijab, pasti kamu punya stok hijab yang banyak banget, kan? Kalau kamu punya hijab berbentuk segi empat yang tidak lagi kamu pakai, jangan dibuang! Kamu bisa dengan mudah membuat outerwear dari hijabmu. Caranya gampang, nggak pakai jahit. Caranya, ikat ujung kanan atas dengan kanan bawah dan ujung kiri atas dengan kiri bawah. Voilà, dalam sekejap outerwear-mu sudah jadi!

Bando/Headband

Kaosmu sudah tua dan belel? Eits, kamu masih bisa memanfaatkannya, lho. Dengan mudah, kamu bisa membuat headband dari kaosmu itu. Gunting kaosmu sesuai dengan ukuran yang kamu mau. Pastikan gunting berbentuk persegi panjang, ya. Untuk membuat kepangnya, gunting potongan kain itu menjadi 2 atau 3 bagian. Lalu, kepang sesuai dengan yang kamu inginkan. Selesainya, kamu bisa menambahkan karet di bagian belakang kepalamu untuk pemakaian headband yang lebih nyaman. Yeay, dengan mudah kamu telah membuat headband sendiri! 

Nah, setelah beberapa tips di atas, siap untuk DIY baju-baju lama kamu kan? Opsi lain selain membuang baju-bajumu adalah jual atau donasikan ke orang yang membutuhkan! Setelah dijual, kamu bisa gunakan uangnya untuk belanja barang preloved incaranmu di Tinkerlust.com, deh!

Shop From Indonesia's Most Fashionable Closets