Tips Berpakaian Yang Tepat di Cuaca Panas

Tinggal di negara tropis yang super panas dan bahkan humid seperti Indonesia, kadang bikin kamu malas mengeksplor gaya berpakaian. Baru keluar rumah saja, badan rasanya sudah mandi keringat. Rasanya sulit mau jadi stylish karena terhalang cuaca Indonesia yang nggak nentu. Ditambah lagi, liburan musim panas sudah mendekati! Mau liburan ke pantai dan negara tropis lainnya, tapi bingung karena belum siap sama outfitnya. Tenang aja, kamu nggak sendirian kok! Hari ini Tinkerlust akan kasih tahu kamu pakaian apa saja sih yang harus ada di lemari atau harus dibawa saat liburan musim panas nanti? Simak tipsnya di bawah ini yuk!

Tops

Di cuasa yang panas dan lembab, penting untuk mengenakan pakaian yang menyerap keringat. Hindari mengenakan bahan sintetis! Kamu bisa mulai stock up pakaian atasan yang memiliki bahan katun (and make sure it’s organic cotton!). Bahan katun bersifat breathable, sehingga tidak akan terasa gerah. Selain itu, gampang dicari dan murah!

Buat kamu yang suka mengenakan baju berwarna hitam, sebaiknya dihindari dulu nih kalau mau panas-panasan. Baju berwarna hitam akan membuat kamu jadi lebih gerah dan mudah keringetan karena ia menyerap panas. When it’s blazing hot outside, go bright! Baju berwarna putih bisa menjadi pilihan untuk kamu. Selain mudah di mix n match, baju putih nggak akan bikin kamu gerah karena nggak menyerap panas. Oh iya, baju bermotif juga sangat disarankan, lho, karena dapat menyembunyikan keringat kamu.

Pants

Saat berada di negara dengan cuaca yang panas, sangat disarankan untuk tidak mengenakan celana yang ketat, seperti skinny jeans. Semakin bahan pakaianmu tidak menyentuh badanmu, semakin kecil juga kemungkinan kamu untuk berkeringat. Jadi, coba kenakan celana kulot yang tidak jatuh ketat di badan atau celana pendek. Bahan yang bisa kamu cari adalah bahan linen. Selain pastinya sustainable, bahan linen juga termasuk bahan yang sangat breathable dan adem banget saat dipakai. Untuk kamu yang sering travelling, pakaian berbahan linen juga sangat mudah dicuci dan cepat kering. Rekomen banget, deh!

Dresses

Dress bisa jadi salah satu fashion item wajib nih saat musim panas. Pertama, untuk kamu yang berpergian, dress mudah banget untuk di-packing dan nggak makan banyak tempat. Selain itu, dress cenderung lebih memilki ruang gerak lebih banyak dibandingkan celana panjang atau pendek. Lebih breathable dan adem banget dibandingkan dengan memakai atasan dan bawahan. Kamu bisa kenakan dress dengan model sleeveless atau berlengan pendek. Kalau terlalu terbuka, bisa banget kamu gunakan cardigan atau outerwear lainnya.

Sandals

Sepatu nggak kalah penting nih dalam berpakaian. Saat musim panas, kadang tricky untuk memilih sepatu. Terlalu terbuka, nanti belang kakinya. Pakai sneakers ditambah kaos kaki, nggak breathable dan gerah banget. Untuk kamu yang tetap mau tampil stylish dan feminin, kamu bisa kenakan sepatu sandal. Mau yang flats atau wedges, dua-duanya kece banget! Sepatu sandal selain nyaman dipakai, gampang banget di mix n match dengan outfit kamu apapun itu. Nah, jika kamu suka pakai sneakers, kamu bisa kenakan slip-on. Beberapa slip-on tidak membutuhkan kaos kaki, seperti espadrilles slip-on. Espadrilles jadi fashion item wajib dimiliki di cuasa panas, lho. Slip-on espadrilles selain praktis tapi juga sangat versatile. Mudah juga untuk di-packing saat kamu akan berpergian.

So, tunggu apa lagi, Tinkerbabes? Sebentar lagi musim panas akan dimulai, sudah saatnya dong belanja untuk persiapanmu! Semua produk di atas tersedia di website Tinkerlust, lho. Sudah tahu kan, dengan belanja preloved, kamu tidak hanya bisa hemat tapi juga bergabung dalam gerakan #sustainablefashion. Yuk, buruan belanja!

Shop From Indonesia's Most Fashionable Closets