SHOPPING RACE ✨ Potongan harga hingga Rp 100.000 selama weekend! Min. belanja Rp 599.000. Happy shopping 💖


Dari Leather Hingga Linen, Begini Cara Mudah Membersihkannya!

Memiliki barang dengan bahan kulit, linen, ataupun suede pasti sudah nggak asing lagi, kan? Dari mulai sepatu, tas, hingga pakaian, bahan-bahan ini kerap menjadi favorit para penggemar fashion. Tapi, bagaimana jika produk-produk tersebut kotor? Kulit, contohnya. Harga barang kulit biasanya tidaklah murah, begitupun jasa membersihkannya. Untuk kamu yang ingin membersihkan sendiri tanpa merogoh kocek yang begitu banyak, nih simak tipsnya di bawah ini ya!

Leather Goods

Produk berbahan kulit terkenal akan ketahanan lamanya, namun tidak berarti perawatan tidak dibutuhkan! Produk berbahan kulit butuh dibersihkan secara berkala, entah karena noda atau minyak. Membersihkan bahan kulit tidaklah sama seperti membersihkan baju pada umumnya. Membersihkan produk berbahan kulit menggunakan sabun atau deterjen akan membuat sisa dari sabun atau deterjen tersebut menempel di produk dan mengakibatkan dry patches dan keretakan. Berikut adalah langkah-langkah membersihkannya:

1. Campurkan sabun yang berbahan mild, seperti sabun cuci muka, dengan air matang (bukan air keran, ya!). 

2. Tuangkan campuran tersebut ke botol spray. Semprotkan ke lap terlebih dahulu sebelum membersihkan produknya. Jangan menyemprotkan langsung ke produk ya!

3. Bersihkan noda secara perlahan dan searah dengan tekstur dari kulitnya.

4. Setelah nodanya hilang, biarkan produk tersebut kering dan jauhkan dari sinar matahari.

5. Sesaat setelah kering, lap produknya menggunakan leather moisturizer untuk melindungi kulit agar tahan lama.

Ingat, babes, sebelum membersihkan produk di bagian yang kotor, selalu melakukan tes di bagian kecil dari produknya itu untuk memastikan cairan pembersihnya tidak merusak produk, ya!

Linen

Linen merupakan bahan lembut dengan serat yang mudah untuk terkena noda. Membersihkan pakaian dengan bahan linen sebenarnya tidaklah susah! Kuncinya adalah cepat. Jika pakaianmu yang terbuat dari linen terkena noda, bertindaklah cepat dalam menyingkirkan nodanya. Jika nodanya dibiarkan cukup lama, akan sulit untuk kamu bersihkan sendiri. Salah satu caranya adalah dry cleaning. Namun, dry cleaning dapat merusak linen sehingga penting untuk membersihkan noda secepat mungkin.

Salah satu cara untuk membersihkan kain linenmu adalah menggunakan larutan kimia, alih-alih menggunakan sabun biasa. Gunakan soda kue, sari lemon, atau produk pembersih noda. Tepuk-tepuk dengan lap atau tisu dapur dan jangan digosok! Menggosok akan membuat nodanya lebih menyebar. Setelahnya, rendam pakaian linenmu dalam air yang sudah dicampurkan pembersih noda selama 1 jam. Keringkan dan cuci pakaianmu secara biasa. Jika menggunakan mesin cuci, gunakan metode mild washing atau lembut, ya! Voilá, pakaianmu akan bersih seperti baru!

Bludru atau Suede

Suede merupakan salah satu jenis kulit yang kerap dipakai untuk sepatu, pakaian, dan tas. Disamping produk suede yang kerap disukai oleh penggemar fesyen, bahan suede mudah sekali kotor. Cara paling baik untuk membersihkan produk suede adalah membawa produk tersebut ke dry cleaning. Namun, dry cleaning memang terkesan mahal. Coba yuk, bersihkan produk berbahan suede-mu sendiri di rumah dengan cara-cara berikut:

1. Usap secara perlahan bagian yang terkena noda menggunakan handuk bersih.

2. Jika nodanya kering, coba gunakan penghapus pensil untuk membersihkannya. Make sure to use a colorless eraser, ya!

3. Jika nodanya masih basah, coba gunakan handuk basah dengan sedikit cuka. Setelah dibersihkan, diamkan agar kering. 

4. Setelah membersihkan, normal jika kamu melihat bekas yang belum bersih. Gunakan kukumu untuk mengikis nodanya. Be gentle!

5. Kemudian, sikat produknya dengan menggunakan sikat khusus bahan suede yang bisa kamu dapatkan online atau di supermarket.

Setelah mengetahui cara gampang membersihkan bahan-bahan ini, pastinya kamu nggak perlu membersihkannya mahal-mahal. Kira-kira tips apa lagi nih yang Tinkerbabes mau tahu? Beritahu kami dengan mengirimkan direct message di Instagram milik Tinkerlust, @tinkerlustid, ya!

Shop From Indonesia's Most Fashionable Closets