Your Sale Your Choice! Pilih diskon sesuai keinginan kamu. Potongan hingga 150k hingga besok. Shop now !


Pentingnya Tahu Cara Baca Label Pakaian

Saat kita membeli pakaian, biasanya apa yang dilihat? Style-nya, harganya, mereknya, terus apalagi? Label! Siapa nih dari Tinkerbabes yang jarang banget memperhatikan label pada pakaian? Padahal label itu penting banget dan mengandung banyak informasi mengenai pakaianmu, lho. Salah satunya adalah care instruction yang mana kamu bisa tahu mengenai cara merawat pakaianmu. Cara merawat pakaian ternyata tidak semua sama. Penting untuk kamu tahu satu persatu info yang ada di label pakaianmu. Simak di bawah, yuk, apa aja sih yang mesti kamu perhatikan!

The Material

Di label pakaian biasanya tertera terbuat dari apa pakaianmu. Dengan membaca label pakaian sebelum membeli, kamu bisa lebih memilih bahan apa yang cocok atau kamu sukai. Contohnya, kamu bisa memilih pakaian mana yang terbuat dari bahan yang termasuk sustainable; linen, wool, katun organik, dll. Kebanyakan pakaian fast-fashion terbuat dari bahan polyester, spandex, conventional viscose, lycra, dan bahan-bahan tersebut sangat berbahaya bagi lingkungan kita. Dengan membaca secara seksama label pakaian, kita dapat lebih berhati-hati saat membeli pakaian, girls

Country of Origin

Siapa nih yang ngerasa bangga ngeliat pakaian dari merek kesukaanmu ternyata bertuliskan “Made in Indonesia”? Tahu nggak, sebagian besar pembuatan pakaian dibuat di benua Asia, lho, dan Indonesia termasuk salah satunya. Jika di label pakaianmu tertulis Made in [a country]”, artinya pakaianmu itu diproduksi di negara tersebut. Sedangkan jika tertulis Made in Indonesia of fabric from Italy, artinya pakaianmu memang diproduksi di Indonesia, namun bahannya berasal dari Italia. Harga dari beberapa pakaianmu bisa bervariasi juga tergantung dari negara mana ia diproduksi. So, penting banget nih untuk selalu cek label pakaianmu.

Care Instructions

Yang paling penting untuk diperhatikan pada label sebelum membeli pakaian adalah care instructions atau cara merawat. Care label penting untuk mengetahui terbuat dari bahan apa pakaianmu dan bagaimana merawatnya agar pakaianmu tahan lama. Tidak semua bahan memiliki cara perawatan yang sama, lho. Pakaian yang terbuat dari bahan yang fragile atau mahal, biasanya memiliki cara perawatan yang lebih rumit dan memakan biaya. Pada label biasanya tertera apakah pakaianmu boleh dicuci dengan mesin cuci atau harus dicuci tangan. Dengan mengetahui hal-hal tersebut yang mungkin terlihat sepele, pakaianmu dijamin akan tetap bagus dan tahan lama. Berikut Tinkerlust berikan “kamus” care label agar kamu lebih mudah mengerti ya! 

Sekarang sudah mengerti, kan, kenapa penting bagi kita untuk selalu mengecek label tag sebelum membeli pakaian. Dengan selalu mengecek pakaian kita terbuat dari bahan apa, memudahkan kita untuk memulai gerakan sustainable fashion dan #JadiLebihBaik sebagai konsumen dan makhluk bumi! 

 

Shop From Indonesia's Most Fashionable Closets