Belanja Preloved, Satu Cara Mencintai Bumi

“We love the earth, it is our planet. We love the earth, it is our home.”

Pasti kalian sudah nggak asing lagi sama lagu di atas kan? Yes, bener banget! Lirik di atas adalah potongan lagu terbarunya Lil Dicky, Earth. Nah, di lagunya tersebut Lil Dicky mengajak kita untuk lebih peduli dan mencintai bumi beserta isinya. Alasannya cuman satu, kalau bumi rusak, kita mau tinggal dimana?

Di video musik lagu Lil Dicky ditunjukkan kalau PR kita untuk menjaga bumi sebenarnya masih banyaaak banget. Dari penggunaan plastik yang berlebih, polusi, kebakaran hutan, dan banyak lagi. Dari banyaknya PR kita, salah satunya adalah mengurangi pakaian yang terbuang atau dikenal dengan fashion waste. Limbah pakaian dari industri fesyen itu terbanyak ke-2 setelah industri minyak dan gas, lho. Padahal kita suka banget kan yang namanya belanja baju. Terus, solusinya gimana?

Salah satu cara untuk tetap bisa memuaskan hasrat belanja dan mencintai bumi secara bersamaan adalah belanja preloved! Saat kamu mendengar kata “preloved” atau “second-hand” apa nih yang ada di pikiranmu? Sekarang belanja preloved tidak lagi “menyiksa” atau melelahkan karena sudah banyak platform yang memudahkan belanja preloved. Kenapa preloved? Pakaian yang sudah tidak terpakai memiliki tendensi untuk dibuang begitu saja. Padahal banyak pakaian yang terbuat dari polyester yang merupakan plastik dan berarti pakaian tersebut butuh bertahun-tahun untuk “dicerna” alam. Belum lagi limbah dari pabrik yang memproduksi pakaian fast fashion, coba bayangin berapa banyak sampah yang dihasilkan? 

Source: CBC

Dengan belanja preloved, kamu bisa mengurangi hal tersebut untuk terjadi. Pakaian yang tadinya mau dibuang, bisa kamu beli dan terpakai lagi. Hal ini kemudian termasuk dalam gerakan sustainable fashion, yang artinya berulang. Sustainable fashion juga berarti memperpanjang usia pakaianmu karena dipakainya secara berulang. Sebagai pembeli preloved, kamu bisa mendapatkan pakaian dengan kualitas yang biasanya hampir sama seperti baru dengan harga miring! Biasanya juga saat mencari barang preloved, bisa saja kamu menemukan berbagai barang yang nilainya vintage atau rare. Seru banget, kan? Sedangkan sebagai penjual, kamu bisa “membersihkan” lemarimu sekaligus mendapatkan uang jajan tambahan!

Selain mengurangi jumlah pakaian yang berakhir di tempat sampah, membeli barang preloved juga akan mengurangi energi dan polusi yang dihasilkan dari pabrik produksi pakaian baru. Kamu tahu nggak, untuk membuat satu pasang celana jeans dibutuhkan 1800 galon air. Belum lagi adanya zat kimia yang ikut dalam produksi. Pada akhirnya zat kimia tersebut akan menuju ke laut dan sangat bahaya untuk para makhluk hidup di bawah laut. Dengan kita menggunakan baju preloved, baju-baju tersebut akan bertambah umurnya dan akan mengundur waktunya sampai di tempat sampah.

Salah satu platform yang akan memudahkan kamu berbelanja barang preloved adalah Tinkerlust. Belanja berbagai pilihan preloved branded sekarang juga di laman web Tinkerlust!

Shop From Indonesia's Most Fashionable Closets