Kenalan Dengan 5 Brand Lokal Asal Indonesia Ini, Yuk!

Dirgahayu Indonesiaku! Tak terasa negeri kita tercinta telah menginjak usia ke-75 tahun, nih! Di momen perayaan kemerdekaan Indonesia ini, Tinkerlust ingin kembali mengajak kamu mengenal lebih dalam tentang brand-brand lokal karya anak bangsa. Kini kualitas dari brand lokal sudah nggak perlu diragukan lagi, bahkan nggak sedikit dari brand lokal asal Indonesia yang namanya telah sampai ke kancah internasional. Membanggakan banget, kan? Kamu pun bisa turut berkontribusi bagi industri fashion Indonesia dengan belanja produk-produk buatan para pengusaha lokal. 

Bulan Agustus ini Tinkerlust dedikasikan sebagai momen untuk mengenalkan brand lokal asal Indonesia lewat kampanye #GoLocalWithTL. Sebelum belanja produk-produk lokal asal Indonesia di Tinkerlust, kenalan dengan 5 local brands ini dulu, yuk! 

MASSHIRO&Co.

Bagi kamu pecinta gaya minimalis, kamu wajib tahu brand lokal MASSHIRO&Co.. Brand yang didirikan oleh Debora Gondokusumo, Krisanti Gondokusumo, Alena Ullmer-Supit, dan Katharina Inkiriwang ini memang sangat identik dengan produk fashion berwarna putihnya yang dibuat secara teliti.

Mengusung konsep timeless piece yang klasik dan sederhana, para founder dari MASSHIRO&Co. ingin menghadirkan fashion item esensial yang dapat dikenakan pada berbagai kesempatan, seperti saat bekerja, di rumah, atau sekadar pergi jalan-jalan. Tak hanya dapat disesuaikan dengan beragam occasions, produk dari MASSHIRO&Co. juga cocok untuk berbagai gaya, bentuk tubuh, serta warna kulit para wanita Indonesia. 

Lekat

Kamu senang mengkreasikan kain tradisional pada tampilan sehari-harimu? Berarti kamu akan jatuh cinta dengan brand LEKAT. Brand bentukan Amanda Indah Lestari ini mengangkat konsep eco-ethical fashion dengan tenun Baduy sebagai inspirasi utama pada tiap koleksinya. 

Ciri khas dari produk LEKAT sendiri terletak pada paduan warna cerah yang hadir dalam bentuk patchworks. Meskipun terinspirasi dari tekstil tradisional, produk-produk yang dihasilkan oleh LEKAT tetap didesain secara modern sesuai dengan perkembangan zaman. So, kamu bisa menjadikan produk LEKAT sebagai daily wear-mu.

SARE/studio

Siapa sih yang nggak seneng mengenakan pakaian yang nyaman mulai dari saat aktif beraktivitas, sampai waktu tidur tiba? Itu pula nilai yang ingin diangkat oleh founders dari SARE/studio, Cempaka Asriani dan Putri Andam Dewi. Keduanya menghadirkan produk piyama pertama di Indonesia yang dapat dikenakan sebagai daily wear maupun loungewear oleh wanita, pria, dan anak-anak. 

Turut mengedepankan ethical fashion, bahan yang digunakan pada tiap produk SARE/studio hanya dibuat dengan kain serat alami, yakni rayon dan stretch cotton. Itu mengapa koleksi dari SARE/studio nyaman dikenakan untuk berbagai jenis bentuk tubuh dan pada musim apapun.

Kuro

Terinspirasi dari gaya hidup masyarakat Jepang yang mengutamakan kesederhanaan dan kualitas, brand Kuro yang didirikan oleh Douglas Goh, Devina Hakim, dan Felicia Hakim ini turut hadir dengan koleksi minimalis yang timeless. Untuk memastikan produk Kuro dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang, warna-warna yang digunakan pada produk Kuro tak jauh dari palet warna pastel, nude, earthy, dan monochrome

Seluruh produk Kuro merupakan hand-made dan diproduksi pada workshop yang melibatkan para pengrajin lokal Indonesia. Demi mengaplikasikan gaya hidup fashion yang berkelanjutan dan mengurangi limbah tekstil di lingkungan, brand Kuro lebih memilih untuk menggunakan kain sisa atau deadstock sebagai bahan dari tiap produknya.

Woodka

Menggunakan kayu hasil daur ulang sebagai bahan utama pembuatannya, Woodka adalah brand jam tangan bentukan 11 mahasiswa School of Business and Management Institut Teknologi Bandung. Produk-produk Woodka memadukan keindahan alam, budaya, dan seni khas Indonesia di dalamnya. 

Keunikan lain dari produk jam tangan Woodka adalah strap yang dapat diganti sesuai dengan gaya yang diinginkan para penggunanya. Kombinasi dari tenun Indonesia terbaik dan juga material kulit berkualitas tinggi digunakan pada tiap interchangeable straps Woodka. Warna-warna terang yang dipilih pada strap jam tangan Woodka pun mengesankan nuansa fun dan nyentrik. 

Ternyata produk-produk lokal asal Indonesia nggak kalah keren dengan produk luar negeri, kan? So, jangan ragu untuk mulai belanja produk lokal, ya! Kamu bisa mulai dengan belanja local brands yang tersedia di Tinkerlust. Happy shopping, babes!

 

 

SHARE ON:

SHARE ON:

DISCOVER MORE

DISCOVER MORE