4 Tren Sustainable Fashion yang Populer di 2020

Gaya hidup sustainable kini sedang populer sejak gerakan menjaga lingkungan dan kelangsungan bumi marak dilakukan. Di industri fashion pun, sustainable living turut memegang peranan penting dalam pembentukan tren. Tahun ini, ada banyak tren sustainable fashion yang dipopulerkan oleh sejumlah brand hingga designers, lho! Yuk, cari tahu lebih banyak tentang trennya di bawah ini!

Kulit Vegan

Bagi kamu yang familiar dengan gaya hidup vegan mungkin mengira kalau term ini hanya berkaitan dengan makanan yang dikonsumsi oleh para vegans. Nyatanya, gaya hidup vegan sudah merambah ke bidang fashion juga, lho! Kini sudah cukup banyak brand yang fokus memproduksi material kulit dari bahan selain kulit hewan. Alternatif dari kulit hewan yang digunakan pada fashion items bisa berasal dari daun nanas (pinatex), kulit jamur, kulit kombucha, dan masih banyak lagi.

Tekstil Hasil Daur Ulang Plastik

Bukan rahasia lagi kalau sampah plastik merupakan polutan yang paling mungkin mencemari lingkungan karena bahannya yang sulit terurai. Untuk dapat terurai secara alami, limbah plastik membutuhkan waktu setidaknya 500 hingga 1000 tahun, lho! Untuk mengatasi isu tersebut, sejumlah brand seperti Adidas, Veja, Batoko, Gucci, hingga Mara Hoffman memutuskan untuk menciptakan fashion items berbahan dasar plastik hasil daur ulang. Tentunya kualitas produk-produk dari plastik daur ulang ini nggak kalah dari produk berbahan lainnya, babes!

Rental Pakaian

Bagi para fashion enthusiast yang senang mengoleksi fashion items serta mengikuti fashion trends ter-update, memiliki lemari yang penuh tentu jadi problem yang sulit dihindari. Lalu solusi seperti apa yang bisa dilakukan oleh mereka yang ingin tampil keren sekaligus ramah lingkungan? Jawabannya adalah menyewa pakaian di clothing rental! Sekarang sudah cukup banyak jasa sewa pakaian sehari-hari yang bisa kamu temukan di Indonesia, salah satunya Tinkerjoy. Dengan membayar biaya berlangganan per bulannya, kamu bisa mendapat beberapa buah baju seharga setara dengan satu pakaian yang kamu beli tiap bulannya. So, kamu bisa lebih hemat dan nggak perlu pusing memikirkan fashion items yang menumpuk, kan?

Upcycling & Secondhand Fashion

Langkah sederhana lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan sustainable fashion living adalah dengan menggunakan dan menjual kembali pakaian yang sudah pernah dipakai sebelumnya. Dengan upcycling, kamu nggak melulu harus membuang pakaian yang sudah tidak layak pakai. Kamu bisa mengubah fungsi dari pakaian tersebut menjadi baru tanpa harus menghasilkan limbah tekstil, misalnya dengan menjahit t-shirt bekasmu menjadi masker kain atau cropped top

Cara lainnya yang juga bisa kamu lakukan saat pakaian di lemari bajumu sudah menumpuk adalah menjualnya ke thrift shop. Produk-produk ini biasanya disebut preloved items dan umumnya masih memiliki kondisi baik untuk bisa digunakan kembali oleh orang lain. Nggak cuma bisa menjual, kamu pun bisa membeli preloved items di thrift shop atau online marketplace, seperti Tinkerlust. Dengan belanja preloved items, kamu nggak cuma menyelamatkan bumi, tapi bisa tampil keren dengan fashion items yang rare serta unik.

Di antara tren sustainable fashion di atas, mana yang sudah pernah kamu terapkan? Buat kamu yang pengen memulai gaya hidup sustainable fashion dengan cara yang mudah, kamu bisa mulai menjual dan membeli preloved items di Tinkerlust, atau menyewa pakaian di Tinkerjoy. Happy trying, babes!

 

SHARE ON:

SHARE ON:

DISCOVER MORE

DISCOVER MORE