10 Step Korean Skincare Routine, Penting Gak Sih?


Setelah K-Pop menjadi terkenal di seluruh dunia, K-beauty mengikuti jejak K-Pop dan membuat heboh para penggemar kecantikan. Riasan natural, glass skin, sampai gradient lips berhasil membuat para pecinta make up jatuh cinta dengan K-beauty. Namun, K-beauty tidaklah selalu tentang make up, skincare Korea kemudian masuk ke pasaran dan mengenalkan 10 step korean skincare routine. Banyak perempuan percaya dengan melakukan semua langkah tersebut baik untuk kulit mereka, tapi apa iya? We will help debunked and explained all the myths!

Dalam rutin perawatan kulit apapun, pada intinya skincare hanya membutuhkan tiga langkah penting; cleanse, tone, dan moisturize, dengan beberapa langkah tambahan. Apa saja langkah-langkah tambahan tersebut? K-beauty sangat terkenal dengan penggunaan sheet mask, essence, dan serum. Penggunaan satu sheet mask sehari pun jadi gerakan tersendiri dalam K-beauty. Nah, kira-kira 10 step korean skincare routine itu apa saja, sih? Urutan dari 10 step korean skincare bisa kalian lihat di bawah ya, girls!


Wah, banyak banget ya! Tapi apakah kamu memerlukan itu semua? Tidak, tapi jika kamu berpikir kamu memang perlu, semua langkah itu tidak perlu dilakukan setiap hari siang dan malam, lho! Beberapa langkah seperti exfoliate dan sheet mask boleh dilakukan 2-3 hari sekali, bahkan exfoliate bisa dilakukan seminggu sekali. Co-founder Soko Glam, Charlotte Cho, telah menjelaskan tentang mitos korean skincare sebelumnya, “The 10-step Korean skin care routine allows people to get educated on the various steps in skin care you can use depending on your skin goals. From oil cleansers, essences, sheet masks, exfoliators, to serums and SPF it walks you through the possibilities. Jadi, beliau menjelaskan kalau sebenarnya langkah-langkah tersebut tidak wajib dan mungkin bisa kamu jadikan sebagai “guideline” dibandingkan sebagai sebuah aturan baku. Pada intinya, semua perawatan kulit akan bergantung dengan kebutuhan kulit orang masing-masing.

Gerakan lain yang berbanding terbalik dengan 10 step korean skincare routine adalah skip-care alias penggunaan skincare yang minimal. Mereka menganggap bahwa tidak semua orang bisa menerapkan 10 step skincare routine karena kemampuan menyerap kulit masing-masing orang itu berbeda. Jadi, sekering apapun kulit seseorang, jika diberikan berbagai macam produk yang melembabkan kalau tidak bisa menyerap dengan baik hasilnya tidak akan optimal. Namun, kalau kulit seseorang bermasalah; jerawat, baiknya ditambah beberapa produk lain seperti acne treatment untuk menyebuhkan jerawatnya.

The bottom line is rute apapun itu yang kamu ambil untuk merawat kulit kamu, ingat untuk selalu evaluasi lagi apa yang kulitmu butuhkan. Tidak pernah salah untuk mengikuti tren yang sedang in, tapi tetap harus selalu melihat keadaan kulitmu, ya!

Tinkerlust punya beberapa rekomendasi produk skincare Korea, nih! Selamat berbelanja, Tinkerbabes <3

Shop From Indonesia's Most Fashionable Closets