Tips Agar Parfum Tahan Lama

Tips Agar Parfum Tahan Lama

Have you ever felt like your perfume scent won’t last until the day ends?  Or you run out of it quicker than you expected? Hmm, pasti kesal ya sudah beli parfum mahal – mahal tapi nyatanya cepat habis dan scentnya ngga bertahan lama. Kamu tahu ngga sih salah satu penyebabnya adalah banyak dari kita yang belum sadar kalau parfum itu ngga bisa disimpan dan dipakai secara sembarangan loh.  Penyebab parfum yang cepat habis dan scentnya yang ngga tahan lama bisa dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kesalahan dalam hal storage dan cara pemakaiannya. Nah, pada kesempatan kali ini, Tinkerlust akan memberikan beberapa tips and tricks agar parfum kamu lebih tahan lama tanpa harus menyemprotkan parfum kamu berkali – kali dalam sehari.

Tips Agar Parfum Tahan Lama

Avoid storing your perfume in the bathroom or other warm places

Parfum pada dasarnya mengandung zat yang mudah untuk menguap. Oleh karena itu, bila disimpan di tempat yang panas, terkena cahaya berlebih, dan lembap, zat dalam parfum itu sendiri akan cenderung untuk menguap lebih cepat dan menurunkan kualitas dari parfum tersebut. Walaupun parfum biasa dipakai setelah mandi, hindari menyimpan parfum kamu di kamar mandi karena udara yang lembap akan menurunkan kualitas fragrance kamu. Maka dari itu, pilih tempat – tempat yang cenderung dingin, kering, dan tidak terkena sinar matahari langsung seperti kamar tidur maupun vanity rack kamu. Hindari menyimpannya di dekat jendela karena parfum akan dengan mudah terpapar sinar matahari dan panas yang terpancar dari sinar matahari akan membuat parfum kamu lebih cepat untuk menguap. Tips lainnya adalah keep the perfume box! Bila kamu takut parfummu akan terkena sinar matahari atau terkena udara yang lembap dan panas, kamu bisa menyimpannya di dalam box yang kamu dapat saat membeli parfum tersebut. Selain itu, kamu bisa menggunakan cake stand sebagai tempat storage parfum kamu sehingga koleksi parfum kamu tidak tersebar berantakan begitu saja tapi lebih rapi sekaligus menjadi hiasan di kamarmu.

 

Tips Agar Parfum Tahan Lama

Knowing the best body parts to spray your perfume

Terdapat beberapa area tertentu di tubuh kita yang dapat hold your fragrance scent longer. Spraying your perfume on your clothes akan membuat aromanya cepat hilang karena menguap terkena angin, oleh karena itu coba hentikan kebiasaan menyemprotkan parfum kamu ke pakaian yang akan kamu pakai. Pilih beberapa titik nadi pada tubuhmu seperti pergelangan tangan, bagian dalam siku, belakang telinga dan leher, belakang lutut, betis, mata kaki, dan bagian dada dimana tempat keluarnya keringat. Hal ini akan membuat parfum kamu lebih tahan lama karena parfum akan menyerap ke dalam kulit melalui pori – pori kulit yang terletak pada bagian tersebut.

 

Tips Agar Parfum Tahan Lama

Always moisture your skin first

Kulit yang lembap akan membuat aroma parfum kamu bertahan lebih lama dibanding kulit yang kering. Maka dari itu, hal pertama yang harus kamu ingat sebelum mengaplikasikan parfum kamu adalah moisture your skin first! Kamu bisa mengaplikasikan petrollum jelly sebelum menyemprotkan parfum kamu untuk membuat aromanya lebih tahan lama. Selain petrollum jelly, kamu juga bisa menggunakan unscented lotion maupun moisturizer untuk menjaga agar aroma parfummu lebih tahan lama.

 

Tips Agar Parfum Tahan Lama

Do not rub your wrists together!

Salah satu kebiasaan yang Tinkerlust yakin kamu pernah lakukan ada mengusap kedua pergelangan tangan kamu setelah menyemprotkan parfum ke salah satu pergelangan tangan kamu. Bila kamu menggesekan kedua pergelangan tangan kamu right after you spray your perfume, kamu menutup kesempatan bagi parfum untuk menyerap ke dalam pori – pori tubuh kamu dan akan membuatnya kurang tahan lama. Daripada menggesekan kedua pergelangan tangan kamu, kamu bisa menepuk – nepukan kedua pergelangan tangan kamu atau dab your wrists together instead. Coba untuk tunggu beberapa detik sebelum kamu menepuk – nepukan kedua pergelangan tanganmu untuk memberikan kesempatan bagi parfum untuk menyerap ke dalam pori – pori kamu terlebih dahulu.

 

Tips Agar Parfum Tahan Lama

Spray it on your hair brush

Banyak orang yang bilang kalau menyemprotkan parfum ke rambut kamu akan membuat aroma tubuh kamu lebih strong. Tapi, tahukah kamu kalau kandungan alkohol dalam parfum dapat menyebabkan rambut kamu kering dan rusak. Oleh karena itu, coba untuk menyemprotkannya ke sisir yang biasa kamu gunakan. Dengan begitu, kamu tidak menyemprotkan parfum kamu secara langsung namun kamu memberi kesempatan untuk parfum untuk menguap terlebih dahulu melalui sisir sebagai perantara. Apabila kamu masih takut akan rambut yang rusak karena menggunakan parfum, kamu bisa menggunakan parfum yang dibuat khusus untuk rambut dengan kadar alkohol yang telah disesuaikan agar tidak merusak rambut kamu.

 

Tips Agar Parfum Tahan Lama

Know your perfume type

Terdapat beberapa jenis parfum antara lain yakni body spray, eau de cologne, eau de toilete, eau de parfum, dan extrait de parfum. Beberapa jenis parfum itu memiliki konsentrasi fragrance oil yang berbeda sehingga memiliki ketajaman aroma yang berbeda pula. Bila parfum kamu berlaber body spray, eau de cologne, atau eau de toilette berarti parfum kamu memiliki konstentrasi fragrance oil yang rendah sehingga aroma yang dihasilkan lebih subtle dan terdapat kemungkinan kamu harus menyemprotkan kembaliparfum kamu hingga 2 – 3 kali sehari. Berbeda dengan eau de parfum dan extrait de parfum yang memiliki bau lebih tajam dan last longer than the other.

Nah, ladies, sekarang kamu udah tahu kan tips and tricks untuk membuat parfum kamu tahan lebih lama kan? Semoga tips and tricks dari Tinkerlust kali ini bisa membantu kamu untuk menyimpan dan menggunakan parfum kamu secara lebih efisien. Untuk kamu para kolektor perfum dan ingin menambah koleksi parfum kamu, you can also buy some preloved and brand new branded perfumes only on our website at www.tinkerlust.com/make-up-and-skin-care/fragrance

Image source: Pinterest