Sambut New Year, Saatnya Decluttering!

Posted on 19 December 2023

Sambut New Year, Saatnya Decluttering!

Bicara tentang letting go of the old, apakah kamu sudah pernah menonton film berjudul “Happy Old Year’? Film Thailand ini menyadarkan penontonnya bahwa barang bukan hanya benda semata namun berkaitan erat dengan memori pemiliknya. Sang pemeran utama yang bernama Jean, ingin merenovasi rumah dan merombak total konsep tempat tinggal mereka. Langkah pertama harus dilakukan yaitu mengosongkan rumah. Ia perlu menyortir segala barang yang tak berguna ataupun yang tak senada dengan konsep minimalis yang ia inginkan. Berikut ini bisa jadi solusi decluttering untuk kamu yang bernasib sama seperti Jean di film Happy Old Year!

Bayangkan Kehidupan Ideal Versi Kamu

Membayangkan lemari yang rapi atau kehidupan yang lebih terorganisir adalah motivasi besar untuk tetap berkomitmen pada proses tersebut. Pertimbangkan skala prioritas untuk memiliki lemari dengan barang-barang yang benar-benar kamu butuhkan dan sukai.

Fokus Pada Satu Kategori

Pisahkan waktu untuk membersihkan dan mengorganisir satu kategori pakaian atau aksesoris pada setiap sesi declutter. Misalnya, fokus pada baju, sepatu, atau aksesori tertentu.

Tanyakan Pada Diri Sendiri

Apakah hal itu memicu kegembiraan? Pertanyaan ini dapat memicu perasaan saat proses decluttering. Kegembiraan atau tidak adalah faktor penentu dalam menentukan apakah suatu barang akan disimpan atau tidak.

Buat Proses Menyenangkan

Ajak teman atau anggota keluarga untuk membantu dalam proses decluttering. Ini tidak hanya mempercepat pekerjaan tetapi juga membuatnya lebih menyenangkan.

Berikan Apresiasi Kepada Barang

Setelah proses decluttering selesai, ucapkan terima kasih yang tulus kepada setiap barang karena telah memenuhi tujuannya. Seperti quote dari Marie Kondo, “Let go of everythings that does not spark joy. Happy new year and happy decluttering!

tinkerlust sale 90% off pink luxury handbag
tinkerlust new arrivals